Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow My Blog by Email

Categories

About Me

Foto Saya
Lahir di Semarang, 03 mei 1992..

Blog Search

Memuat...
Sabtu, 06 April 2013
Sebenernya untuk memelihara atau merawat air kolam renang agar tetap menjadi jernih itu gampang-gampang susah, membutuhkan rutinitas pengontrolan pH AIR tiap hari agar air tetap dalam kondisi netral.
Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan informasi bagaimana cara menjernihkan air kolam renang dalam waktu sehari sekaligus menjaga / memelihara air kolam renang agar air tidak menjadi hijau / butek.

Bahan kimia yang perlu disiapkan adalah :
1. Kaporit ( TCCA 90% / Kaporit 60% / Sodium Hipochlorite )
2. PAC
3. Soda Ash
4. HCl
5. Terusi

Aplikasinya sebagai berikut :
1. Sebelum mengaplikasikan bahan- bahan tersebut cobalah untuk selalu mengecek pH air kolam.

2. Netralkan pH air kolam dirange pH antara 6,8 - 7. Dengan penambahan Soda ash bila suasana kolam bersifat asam dan atau tambahkan HCl bila suasana kolam bersifat basa.

3.  Bila air kolam pada saat penetralan atau kolam merupakan air baru, jadi masih jernih maka tidak perlu penambahan PAC. Namun bila air kolam keruh setelah pemakaian maka haruslah menggunakan PAC untuk menjernihkannya. Untuk dosis nya sebenernya tidak menentu tergantung kebiasaan atau pengalaman kita di lapangan. Namun untuk pemula secara teori dosisnya 40 gram untuk 1000 liter air.
Aplikasinya : PAC yang sudah ditimbang, dicampurkan dengan 3/4ember air dan diaduk, lalu masukkan kedalam kolam. Biarkan PAC nya bereaksi. Setelah PAC berkoagulasi dan mengendap dan air menjadi jernih, lakukan penyedotan dengan Vacuum kolam untuk menyedot endapan PAC.
Perhatian : Penggunaan PAC sebaiknya tidak dilakukan pada saat terik matahari, karena setelah PAC berkoagulasi jika terkena terik matahari maka endapan akan timbul di permukaan sehingga sulit untuk dilakukan penyedotan. Maka dengan ada permasalahan seperti itu dianjurkan untuk mengaplikasikan ke kolam pada Sore hari atau setelah tidak ada aktivitas pada kolam. Jadi PAC nya diendapkan semalaman dan dilakukan penyedotan pada pagi harinya sebelum ada matahari.

4. Setelah kolam jernih, agar tidak cepat hijau dan kolam selalu tersanitasi maka tambahkan Kaporit hingga kadar Chlorin di range 1 - 3.

5. Untuk mencegah kolam agar tidak ditumbuhi ganggang atau lumut maka disarankan untuk menambahkan Terusi. Disini terusi juga berfungsi untuk membuat air kolam bernuansa biru seperti air laut. Untuk dosisnya tidak ada ukuran yang menentu jadi hanya kira-kira saja sesuai kebutuhan.

Nah itu tadi caranya untuk membuat dan memelihara air kolam menjadi jernih.
Jika ada pertanyaan langsung saja komen.

8 komentar:

TNAS mengatakan...

Semoga bermanfaat (y)

Anonim mengatakan...

Terima kasih banyak .....tulisan ringkas padat dan bermanfaat

joko muryanto mengatakan...

Kalo mau beli dimana yah PAC, terusi dll

Masnelly Syamsoe mengatakan...

Terima kasih infonya..bisa dibeli dimana bahan2 yang disebutkan diatas..?

kingkong mengatakan...

Thank's Infonya Bray .. !!!

www.bisnistiket.co.id

Ardi Aja mengatakan...

Kemang raya belakang pombensin

Isbayu Artha Nugraha mengatakan...

makasih banyak atas informasinya sangat bermanfaat dan membantu sekali. kebetuluan sodara saya punya koam renang tapi bingung membersihkannya

oya mohon maaf ya gan sebelumnya, ane mau numpang share beberapa info barangkali ada yang lagi nyari rumah, bisa cek beberapa link di bawah ini hehehe

Perumahan Baru
jualan rumah
kredit perumahan murah di bekasi
perumahan baru batam

Chestha Ginanzar mengatakan...

apa penggunaan kavorit pada kolam renang gak bahaya ?

info perumahan
info rumah murah
jual rumah denpasar
Perumahan Baru